GAMBARAN FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECEMASAN MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19

Main Article Content

Pandu Aseta
Siswanto

Abstract

Dunia sedang dilanda pandemik yang cukup mengkhawatirkan dengan adanya virus COVID-19. COVID-19 merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh sindrom pernapasan akut coronavirus 2 (severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 atau SARS-CoV-2) (Setiawan, 2020). Penerapan pembelajaran online sebagai upaya pencegahan penyebaran covid dapat memunculkan kecemasan dan perasan tertekan pada mahasiswa.
Tujuan penelitian diskriptif ini  untuk mengetahui gambaran faktor-faktor yang mempengaruhi kecemasan mahasiswa dalam pembelajaran online  di masa pandemi dengan jumlah responden sebanyak 40 orang.
Hasil Penelitian ini diperoleh data bahwa kebanyakan responden mengalami kecemasan sedang sebanyak 29 mahasiswa (72.5%) dan paling sedikit responden mengalami kecemasan berat sebanyak 2 mahasiswa (5%) dengan pembagian jenis kelamin responden terbanyak berjenis kelamin perempuan sebanyak 25 mahasiswa (62,5%) dengan umur responden terbanyak berusia 20 tahun sebanyak 15 mahasiswa (37,5%) dan paling sedikit berumur 19 tahun sebanyak 11 mahasiswa (27,5%). Faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi kecemasan responden terbesar adalah kurang semangat dengan jumlah responden terbesar sebanyak 30 mahasiswa (75%).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah kebanyakan responden mengalami kecemasan dari ringan dengan pengaruh factor internal dan eksternal berupa rasa malas dan lingkungan yang kurang kondusif.
 
Kata Kunci : Kecemasan , pembelajaran daring, Covid-19

Article Details

How to Cite
Aseta, P., & Siswanto. (2021). GAMBARAN FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECEMASAN MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19. Intan Husada : Jurnal Ilmiah Keperawatan, 9(2), 35-44. https://doi.org/10.52236/ih.v9i2.218
Section
Articles