GAMBARAN TINGKAT KECEMASAN MAHASISWA PRODI DIII KEPERAWATAN DALAM TUGAS AKHIR MASA PANDEMI COVID-19

Main Article Content

pandu aseta
siswanto

Abstract

Latar Belakang: Setiap akhir masa pendidikan, mahasiswa Prodi DIII Keperawatan dituntut untuk mengerjakan tuga akhir yang biasa disebut dengan KTI. Salah satu hal yang menjadikan kendala dalan penyusunan kasus di masa pandemi Covid-19 adalah terbatasnya akese beberpa tempat untuk melakukan study kasus untuk memnyusun KTI..Kecemasan juga akan dialami mahasiswa yang umumnya menginjak usia remaja yang masih labil dalam menghadapi situasi tak terduga.
Tujuan : Mengetahuai tingkat kecemasan mahasiswa menghadapi tugas akhir dimasa pandemic.
Metode: penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan cross-sectional. Populasi merupakan semua mahasiswa semester VI program studi D3 Keperawatan tahun 2022 yang berjumlah 84 responden dengan tehnik total sampling.
Hasil : Gambaran tingkat kecemasan mahasiswa program studi DIII Keperawatan semester IV yang mengalamai kecemasan sedang sebanyak 40 responden (80%), mahasiswa yang mengalami kecemasan baik ringan ringan 10 responden (20 %).
Kesimpulan: Tingkat kecemasan mahasiswa Prodi DIII Keperawatan semester IV yang menyusun tugas akhir paling banyak adalah sedang sebanyak 40 (75%) responden.
Saran : Diharapkan bagi mahasiswa Politeknik Insan Husada Surakarta untuk mampu melakukan manajemen stress dan waktu sehingga mampu menghindari atau mengurangi kecemasan dalam menyusun tugas akhir.

Article Details

How to Cite
aseta, pandu, & siswanto. (2022). GAMBARAN TINGKAT KECEMASAN MAHASISWA PRODI DIII KEPERAWATAN DALAM TUGAS AKHIR MASA PANDEMI COVID-19. Intan Husada : Jurnal Ilmiah Keperawatan, 10(02), 166-176. https://doi.org/10.52236/ih.v10i2.251
Section
Articles

References

Andarini dan Fatma. 2013. Hubungan Antara Distress Dan Dukungan Sosial Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Dalam Menyusun Skripsi. Talenta Psikologi, Vol II, No 2, Agustus 2013

Anggraeni. 2013. Gambaran Tingkat Kecemasan Pada Mahasiswa Tingkat Tiga DII Keperawatan Dalam Menghadapi Uji Kompetensi Di Universitas Pendidikan Indonesia. Karya Tulis Ilmiah (KTI). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Dani, J. A., & Mediantara, Y. 2020. Covid-19 dan Perubahan Komunikasi Sosial. Persepsi: Communication Journal, 3(1), 94-102.

Fadillah, Muhammad & Khorida. 2013. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Alimul Hidayat. 2008. Pengantar Ilmu Keperawatan Anak. Salemba Medika

Kemenkes RI.2020.Situasi Terkini Perkembangan Coronavirus Disease (COVID-19)8 Mei 2020.Jakarta.https://www.kemkes.go.id

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. (2020). Apa Yang Harus Dilakukan Masyarakat Untuk Cegah Penularan Covid-19. 2020.Jakarta.
Hawari, Dadang. 2011. Manajemen Stres Cemas dan Depresi. Jakarta: Balai Penerbit FKUI
Heidi dan Jennifer. 2011. “Effects of Deep Breathing and Muscle Relaxation on ACT Scores. Eastern Education Journal, Vol. 40 No. 1, Spring Page 11-22

Hidayat. 2008. Metode Penelitian Keperawatan dan Tehnik Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika

Januarti. 2009. Hubungan Antara Persepsi Terhadap Dosen Pembimbing Dengan Tingkat Stress Dalam Menulis Skripsi. SKRIPSI. Surakarta: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta

Miller, K.. 2009. Organizational Communication: Approaches and Processes, 6th edition, Belmont, CA, Wadsworth Publishing Company.

Mu’tadin. 2002. Kesulitan Menulis Skripsi. http://www.e-psikologi.com/lain-lain/zainun.htm diakses pada 20 Januari 2021

Nevid, Jeffrey S, dkk. 2005. Psikologi Abnormal edisi kelimaJilid 1. Jakarta: Erlangga.

Notoatmojo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta
Puri, Laking dan Treasaden. 2011. Buku Ajar Psikiatri Edisi 2. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC 54

Rakhman AZ. 2008. Hubungan Kecemasan Menghadapi Ujian Skill Lab Modul Shock Dengan Prestasi Yang Dicapai Pada Mahasiswa FK UGM Angkatan 2000.Jurnal Surya Medika.

Rustiana, E.R., & Cahyati, W.H. (2012). Stres Kerja dengan Pemilihan Coping. KESMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat. 7(2), 151. DOI: https://doi.org/10.15294/kemas.v7i2.2811

Setiawan, A.R.2020. Lembar Kegiatan Literasi Saintifik untuk Pembelajaran Jarak Jauh Topik Penyakit Coronavirus 2019 (COVID 19).

Stuart, Gail W. 2012. Buku Saku Keperawatan Jiwa. Edisi 5. Edisi Revisi. Jakarta: EGC.

Suyamto, Prabandari dan Marchira. 2009. Pengaruh Terapi Relaksasi Otot dalam menurunkan Skor Kecemasan T-TMAS Mahasiswa Menjelang Ujian Akhir Program di Akademi Keperawatan Notokusumo Yogyakarta. Berita Kedokteran Masyarakat. Vol. 25, No. 3, halaman 142-149

TURSINA, A. 2020. COVID-19 dan lansia: Pusat Penerbitan Unisba (P2U) LPPM UNISBA.

Widiyani, R. 2020. Latar Belakang Virus Corona, Perkembangan hingga Isu Terkini. Retrieved from detik News.

Wisudaningtyas. 2012. Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Skripsi Ditinjau Dari Self Efficacy Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata Semarang. Lembaran Ilmu Pendidikan Jurnal Unnes, Vol. 31. No. 255