HUBUNGAN TINDAKAN BULLYING DENGAN KECEMASAN SOSIAL PADA REMAJA DI SMP NEGERI 6 SRAGEN
THE CORRELATION BETWEEN BULLYING AND SOCIAL ANXIETY OF STUDENTS AT SMP NEGERI 6 SRAGEN
DOI:
https://doi.org/10.52236/ih.v13i2.781Keywords:
Tindakan Bullying, Kecemasan Sosial, RemajaAbstract
Abstrak Latar belakang : Perilaku bullying di lingkungan sekolah dapat menciptakan suasana lingkungan yang kurang mendukung terhadap perkembangan siswa, baik dalam bidang akademik maupun bidang sosial. Tindakan bullying dapat menyakiti siswa, sehingga mereka merasa cemas dan tidak nyaman di lingkungan sekolah. Tujuan. Penelitian ini untuk menganaliisis hubungan tindakan bullying dengan kecemasan sosial pada siswa di SMP Negeri 6 Sragen. Metode. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMPN 6 Sragen tahun 2024/2025. Sampel dalam penelitian sebanyak 74 responden dengan teknik pengumpulan data proportional stratified random sampling. Instrumen penelitian tindakan bulyying menggunakan kuisioner yang dikembangkan oleh Rismayanti, M (2022) dan kecemasan sosial menggunakan kuisioner yang dibuat oleh Devi (2021). Analisis data bivariat menggunakan Pearson correlation. Hasil. Sebagian besar responden mendapat tindakan bullying sedang sebanyak 44 responden (59,4%). Sebagian besar responden dengan kecemasan sosial rendah sebanyak 32 responden (43,2%) dan kecemasan sedang sebanyak 25 responden (25,8 %). Hasil Uji korelasi Pearson diperileh nilai p 0,005 ( <0,01) dan koefisien korelasi 0,322. Kesimpulan : terdapat hubungan antara tindakan bullying dengan kecemasan sosial pada siswa di SMP Negeri 6 Sragen. Kata kunci: Tindakan Bullying, Kecemasan Sosial, RemajaReferences
Amalia, M (2021) Hubungan Karakteristik Anak dan Lingkungan Keluarga dengan perilaku bullying pada Siswa. file:///C:/Users/user/Downloads/22469-80084-1-PB.pdf
Asbaught, A.R, Antony, M.M., McCabe, R.E., Schmidt, L.A., & Swisnso, R.P. (2018). Self-Evaluative Biases in Social Anxiety. Cognitive Therapy and Research, 29(4), 387-398
Devi, W (2021) Hubungan antara knsep Diri dengan kecemasan Sosial Pada Remaja di SMA N 1 Purwodadi. Undergraduate thesis, Universitas Sultan Agung.
Elaine, M, 2024 (2024). KPAI Ungkap Sekitar 3.800 Kasus Perundungan Sepanjang 2023, Hampir Separuh Terjadi di Lembaga Pendidikan. https://www.suarasurabaya.net/kelanakota/2024/kpai-ungkap-sekitar-3-800-kasus-perundungan-sepanjang-2023-hampir-separuh-terjadi-di-lembaga-pendidikan/
Faevi, Y.S. (2020). Hubungan Cyberbullying dengan Kecemasan Sosial dan Penarikan Sosial pada Remaja. Fundamental And Management Nursing Journal, 3(2), 38-45.https://e-journal.unair.ac.id/FMNJ/article/download/21720/pdf/87780
Khoirunnisa, L.M. (2018) hubungan tindakan bullying dengan tingkat kecemasan pada pelajar sekolah menengah kejuruan (SMK) PGRI I Tangkerang. Jurnal JKFT Universitas Muhammadiyah Tangerang, Vol (3), Hal 59-69. https://jurnal.umt.ac.id/index.php/jkft/article/download/1286/823
Komisi Perlindungan Anak Indonesia. (2022). Catatan pelanggaran hak anak tahun 2021 dan proyeksi pengawasan penyelenggaraan perlindungan anak tahun 2022. https://www.kpai.go.id/publikasi/catatan-pelanggaran-hak-anak tahun2021-dan-proyeksi-pengawasan-penyelenggaraan-perlindungan-anak-tahun-2022
Kurnia, I. (2016) .Bullying. Yogyakarta : Relasi Antar Media. Margono.
Mardyastuti, A, 2023) Pengertian Bullying Adalah: Jenis, Penyebab dan Cara Mengatasinya
https://www.detik.com/jabar/berita/d-6284761/pengertian-bullying-adalah-jenis-penyebab-dan-cara-mengatasinya.
Mintasrihardi. (2019). Dampak Bullying Terhadap Perilaku Remaja (Studi Pada Smk N 5 Mataram). Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 7(2), 44-55. https://journal.ummat.ac.id/index.php/JIAP/article/download/775/661
Nuryuliza, Iva, Ula, D. M., & Novariyanto Agung, R. (2024). Dampak bullying terhadap kesejahteraan psikologis siswa. Liberosis: Jurnal Psikologi Dan Bimbingan Konseling, 2(1), 41–50. https://doi.org/10.3287/ljpbk.v1i1.325
Pramudita, T., Kholifah, R., & Sancaya, S. A. (2022). Dampak bullying terhadap kesehatan mental siswa. 1, 349–355.
Putri, N.H.(2015). FAKTOR–FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU BULLYING PADA REMAJA. Jurnal JOM, Vol (2) No (2), Hal 1149-1159. https://media.neliti.com/media/publications/187389-ID-faktorfaktor-yang-berhubungan-dengan-per.pdf
Radhiah, cut assyiatir. (2020). Hubungan antara bullying dengan kecemasan sosial pada siswa smp korban bullying dikota sabang. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
Radhiah, A.C. (2020). Hubungan Antara Bullying Dengan Kecemasan Sosial Pada Siswa Korban Bullying Dikota Sabang. Skripsi Fakultas Psikologi. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13141/1/Cut%20Assyiatir%20Radhiah,%20150901040,%20FPSI,%20PSI,%20081269346627.pdf
Rismayanti, Mayang Arry.(2022). Pengaruh Tindakan Bullying Terhadap Perkembangan Mental Anak Kelas V Sekolah Dasar Negeri Pamulang Indah. Universitas Muhammadiyah Jakarta. https://ecampus-fip.umj.ac.id/h/umj/uH7BuqQzJnIhBbiHFARHJrF5wnQqFuO
Riyanto, S & Hatmawan, A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan, dan Eksperimen. Sleman: Deepublish CV. Budi Utama.
Sartika, N. (2022). Pengaruh bullying terhadap hubungan sosial siswa di SMP N 17 kota Jambi. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. https://repository.unja.ac.id/43048/2/SKRIPSI%20SIAP%20CETAK.pdf
Sholihah (2023) Perilaku Bullying, Faktor, Jenis dan Dampaknya https://cilacapkab.go.id b/v3/perilaku-bullying-faktor-jenis-dan dampaknya/#:~:text=Bullying% 20adalah %20 bentuk%2Dbentuk%20perilaku,oleh%20seseorang%20atau%20sekelompok%20orang.
Wati,R &l Mukhibbah, W (2024) Dampak Bullying pada Tugas Perkembangan Remaja https://sga.uin-malang.ac.id/alda/opini-umum/dampak-bullying-pada-tugas-perkembangan-remaja/#:~:text=Selain itu%2C Bullying juga dapat,putus asa%2C serta kehilangan motivasi.
Wilis Sayekti. Dkk (2019) Kecemasan Sosial. hlm. 12-13.CV Semiotika. Bandung.
Yafi, M.S. (2018). Perilaku School Bullying Di Sekolah Dasar Muhammadiyah 15 Surakarta. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Surakarta. https://eprints.ums.ac.id/61489/13/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf
Yulianti, A. (2023). PERBEDAAN PERILAKU BULLYING DITINJAU DARI JENIS KELAMIN SISWA DI SMP NEGERI 14 KOTA JAMBI. Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. https://repository.unja.ac.id/45699/1/Skripsi%20%20Anika%20Yulianti%20%28A1E118063%29.pdf
Yusuf, A., Habibie, A., Efendi, F., Kurnia, I. & Kurniati, A. (2022). Prevalence and correlates of being bullied among adolescents in Indonesia: results from the 2015 Global School-based Student Health Survey. International Journal of Adolescent Medicine and Health, 34(1), 20190064. https://doi.org/10.1515/ijamh -2019-0064
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Intan Husada : Jurnal Ilmiah Keperawatan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.