PERAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEMATANGAN SOSIAL ANAK USIA PRASEKOLAH (PENDEKATAN TEORI BANNARD)

Main Article Content

Innez Karunia Mustikarani
Martina Ekacahyaningtyas
Nur Rakhmawati

Abstract

Pendahuluan: Pola asuh orang tua sangat penting peranannya dalam pengembangan psikologi anak karena bisa membentuk kepribadian anak di masa depan. Kematangan sosial merupakan suatu perkembangan ketrampilan dan kebiasaan-kebiasaan individu yang menjadi ciri khas kelompoknya. Beberapa anak di sekitar kita mungkin mengalami hambatan kematangan sosial misalnya anak belum mampu menyelesaikan tugas perkembangan pada usianya, seperti anak berusia 3 tahun yang belum mampu buang air kecil di toilet.Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan peran pola asuh orang tua terhadap kematangan sosial anak usia prasekolah.Metode: Metode penelitian ini adalah observasional analitik dengan rancangan penelitian cross-sectional. Teknik pengambilan sampel dengan total sampling dimana jumlah sample penelitian adalah 30 responden. Instrumen Pola asuh orang tua menggunakan Parenteral Authority Questionnary (PAQ) dan kematangan sosial menggunakan Vineland Social Maturity Scale (VSMS). Analisis penelitian menggunakan uji Kendall Tau. Hasil: Penelitian ini didapatkan hasil angka koefisien korelasi 0,264 dan karena angka pada kolom sig. adalah 0,155 > 0,05 maha ho diterima dan ha ditolak artinya tidak ada hubungan peran pola asuh orang tua terhadap kematangan sosial anak usia prasekolah. Kesimpulan: Tidak ada hubungan peran pola asuh orang tua terhadap kematangan sosial anak usia prasekolah. Rekomendasi yang dapat diberikan adalah peneliti berikutnya diharapkan dapat melakukan penelitian lanjutan dengan menambah variabel yang lain, sehingga akan menambah referensi mengenai peran pola asuh orang tua kaitannya dengan aspek perkembangan yang lain pada anak.Kata kunci : pola asuh, kematangan sosial, pra sekolah

Article Details

How to Cite
Mustikarani, I. K., Ekacahyaningtyas, M., & Rakhmawati, N. (2020). PERAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEMATANGAN SOSIAL ANAK USIA PRASEKOLAH (PENDEKATAN TEORI BANNARD). Intan Husada : Jurnal Ilmiah Keperawatan, 8(2), 1-11. https://doi.org/10.52236/ih.v8i2.185
Section
Articles