HUBUNGAN TINDAKAN BULLYING DENGAN KECEMASAN SOSIAL PADA REMAJA DI SMP NEGERI 6 SRAGEN

THE CORRELATION BETWEEN BULLYING AND SOCIAL ANXIETY OF STUDENTS AT SMP NEGERI 6 SRAGEN

Authors

  • Muhammad Sowwam Universitas Sragen
  • Berlian Indah Pratiwi Universitas Sragen

DOI:

https://doi.org/10.52236/ih.v13i2.781

Keywords:

Tindakan Bullying, Kecemasan Sosial, Remaja

Abstract

Abstrak  Latar belakang : Perilaku bullying di lingkungan sekolah dapat menciptakan suasana lingkungan yang kurang mendukung terhadap perkembangan siswa, baik dalam bidang akademik maupun bidang sosial. Tindakan bullying dapat menyakiti siswa, sehingga mereka merasa cemas dan tidak nyaman di lingkungan sekolah. Tujuan. Penelitian ini untuk menganaliisis hubungan tindakan bullying dengan kecemasan sosial pada siswa di SMP Negeri 6 Sragen. Metode. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMPN 6 Sragen tahun 2024/2025. Sampel dalam penelitian sebanyak 74 responden dengan teknik  pengumpulan data proportional stratified random sampling. Instrumen penelitian tindakan bulyying menggunakan kuisioner yang dikembangkan oleh Rismayanti, M (2022) dan kecemasan sosial menggunakan kuisioner yang dibuat oleh Devi (2021). Analisis data bivariat menggunakan Pearson correlation. Hasil. Sebagian besar responden mendapat tindakan bullying sedang sebanyak 44 responden (59,4%). Sebagian besar responden dengan kecemasan sosial rendah sebanyak 32 responden (43,2%) dan kecemasan sedang sebanyak 25 responden (25,8 %). Hasil Uji korelasi Pearson diperileh nilai p  0,005 ( <0,01) dan koefisien korelasi 0,322. Kesimpulan : terdapat hubungan antara tindakan bullying dengan kecemasan sosial pada siswa di SMP Negeri 6 Sragen. Kata kunci: Tindakan Bullying, Kecemasan Sosial, Remaja

Author Biographies

Muhammad Sowwam, Universitas Sragen

 

Berlian Indah Pratiwi, Universitas Sragen

 

References

Amalia, M (2021) Hubungan Karakteristik Anak dan Lingkungan Keluarga dengan perilaku bullying pada Siswa. file:///C:/Users/user/Downloads/22469-80084-1-PB.pdf

Asbaught, A.R, Antony, M.M., McCabe, R.E., Schmidt, L.A., & Swisnso, R.P. (2018). Self-Evaluative Biases in Social Anxiety. Cognitive Therapy and Research, 29(4), 387-398

Devi, W (2021) Hubungan antara knsep Diri dengan kecemasan Sosial Pada Remaja di SMA N 1 Purwodadi. Undergraduate thesis, Universitas Sultan Agung.

Elaine, M, 2024 (2024). KPAI Ungkap Sekitar 3.800 Kasus Perundungan Sepanjang 2023, Hampir Separuh Terjadi di Lembaga Pendidikan. https://www.suarasurabaya.net/kelanakota/2024/kpai-ungkap-sekitar-3-800-kasus-perundungan-sepanjang-2023-hampir-separuh-terjadi-di-lembaga-pendidikan/

Faevi, Y.S. (2020). Hubungan Cyberbullying dengan Kecemasan Sosial dan Penarikan Sosial pada Remaja. Fundamental And Management Nursing Journal, 3(2), 38-45.https://e-journal.unair.ac.id/FMNJ/article/download/21720/pdf/87780

Khoirunnisa, L.M. (2018) hubungan tindakan bullying dengan tingkat kecemasan pada pelajar sekolah menengah kejuruan (SMK) PGRI I Tangkerang. Jurnal JKFT Universitas Muhammadiyah Tangerang, Vol (3), Hal 59-69. https://jurnal.umt.ac.id/index.php/jkft/article/download/1286/823

Komisi Perlindungan Anak Indonesia. (2022). Catatan pelanggaran hak anak tahun 2021 dan proyeksi pengawasan penyelenggaraan perlindungan anak tahun 2022. https://www.kpai.go.id/publikasi/catatan-pelanggaran-hak-anak tahun2021-dan-proyeksi-pengawasan-penyelenggaraan-perlindungan-anak-tahun-2022

Kurnia, I. (2016) .Bullying. Yogyakarta : Relasi Antar Media. Margono.

Mardyastuti, A, 2023) Pengertian Bullying Adalah: Jenis, Penyebab dan Cara Mengatasinya

https://www.detik.com/jabar/berita/d-6284761/pengertian-bullying-adalah-jenis-penyebab-dan-cara-mengatasinya.

Mintasrihardi. (2019). Dampak Bullying Terhadap Perilaku Remaja (Studi Pada Smk N 5 Mataram). Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 7(2), 44-55. https://journal.ummat.ac.id/index.php/JIAP/article/download/775/661

Nuryuliza, Iva, Ula, D. M., & Novariyanto Agung, R. (2024). Dampak bullying terhadap kesejahteraan psikologis siswa. Liberosis: Jurnal Psikologi Dan Bimbingan Konseling, 2(1), 41–50. https://doi.org/10.3287/ljpbk.v1i1.325

Pramudita, T., Kholifah, R., & Sancaya, S. A. (2022). Dampak bullying terhadap kesehatan mental siswa. 1, 349–355.

Putri, N.H.(2015). FAKTOR–FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU BULLYING PADA REMAJA. Jurnal JOM, Vol (2) No (2), Hal 1149-1159. https://media.neliti.com/media/publications/187389-ID-faktorfaktor-yang-berhubungan-dengan-per.pdf

Radhiah, cut assyiatir. (2020). Hubungan antara bullying dengan kecemasan sosial pada siswa smp korban bullying dikota sabang. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

Radhiah, A.C. (2020). Hubungan Antara Bullying Dengan Kecemasan Sosial Pada Siswa Korban Bullying Dikota Sabang. Skripsi Fakultas Psikologi. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13141/1/Cut%20Assyiatir%20Radhiah,%20150901040,%20FPSI,%20PSI,%20081269346627.pdf

Rismayanti, Mayang Arry.(2022). Pengaruh Tindakan Bullying Terhadap Perkembangan Mental Anak Kelas V Sekolah Dasar Negeri Pamulang Indah. Universitas Muhammadiyah Jakarta. https://ecampus-fip.umj.ac.id/h/umj/uH7BuqQzJnIhBbiHFARHJrF5wnQqFuO

Riyanto, S & Hatmawan, A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan, dan Eksperimen. Sleman: Deepublish CV. Budi Utama.

Sartika, N. (2022). Pengaruh bullying terhadap hubungan sosial siswa di SMP N 17 kota Jambi. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. https://repository.unja.ac.id/43048/2/SKRIPSI%20SIAP%20CETAK.pdf

Sholihah (2023) Perilaku Bullying, Faktor, Jenis dan Dampaknya https://cilacapkab.go.id b/v3/perilaku-bullying-faktor-jenis-dan dampaknya/#:~:text=Bullying% 20adalah %20 bentuk%2Dbentuk%20perilaku,oleh%20seseorang%20atau%20sekelompok%20orang.

Wati,R &l Mukhibbah, W (2024) Dampak Bullying pada Tugas Perkembangan Remaja https://sga.uin-malang.ac.id/alda/opini-umum/dampak-bullying-pada-tugas-perkembangan-remaja/#:~:text=Selain itu%2C Bullying juga dapat,putus asa%2C serta kehilangan motivasi.

Wilis Sayekti. Dkk (2019) Kecemasan Sosial. hlm. 12-13.CV Semiotika. Bandung.

Yafi, M.S. (2018). Perilaku School Bullying Di Sekolah Dasar Muhammadiyah 15 Surakarta. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Surakarta. https://eprints.ums.ac.id/61489/13/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf

Yulianti, A. (2023). PERBEDAAN PERILAKU BULLYING DITINJAU DARI JENIS KELAMIN SISWA DI SMP NEGERI 14 KOTA JAMBI. Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. https://repository.unja.ac.id/45699/1/Skripsi%20%20Anika%20Yulianti%20%28A1E118063%29.pdf

Yusuf, A., Habibie, A., Efendi, F., Kurnia, I. & Kurniati, A. (2022). Prevalence and correlates of being bullied among adolescents in Indonesia: results from the 2015 Global School-based Student Health Survey. International Journal of Adolescent Medicine and Health, 34(1), 20190064. https://doi.org/10.1515/ijamh -2019-0064

Additional Files

Published

2025-07-28

How to Cite

Muhammad Sowwam, & Berlian Indah Pratiwi. (2025). HUBUNGAN TINDAKAN BULLYING DENGAN KECEMASAN SOSIAL PADA REMAJA DI SMP NEGERI 6 SRAGEN: THE CORRELATION BETWEEN BULLYING AND SOCIAL ANXIETY OF STUDENTS AT SMP NEGERI 6 SRAGEN . Intan Husada : Jurnal Ilmiah Keperawatan, 13(02), 289–297. https://doi.org/10.52236/ih.v13i2.781

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.