GAMBARAN TINGKAT KECEMASAN PEMASANGAN INFUS PADA ANAK DI INSTALASI GAWAT DARURAT RSUD KARANGANYAR

Main Article Content

Anggi Nur Icha Afiatantri
Siti Nur Solikah

Abstract

Pendahuluan. Anak merupakan individu yang berusia 0-18 tahun secara bertahap anak akan  mengalami tumbuh  kembang  yang  dimulai  dari  bayi  sampai  remaja. Tindakan pemasangan infus pada anak adalah pemberian sejumlah cairan ke dalam tubuh, melalui sebuah jarum, ke dalam pembuluh vena (pembuluh balik) untuk menggantikan kehilangan cairan atau zat-zat makanan dari tubuh. Tindakan yang dilakukan perawat di IGD membuat anak menjadi tidak nyaman dan menimbulkan kecemasan pada anak. Cemas adalah perasaan tidak nyaman atau ketakutan yang tidak jelas dan gelisah disertai respon otonom (sumber terkadang tidak spesifik atau tidak diketahui oleh individu). Prosedur pemasangan infus juga dapat menimbulkan rasa nyeri pada anak sehingga menyebakan terjadinya trauma dan kecemasan  pada anak.
Tujuan. Untuk mengetahui gambaran tingkat kecemasan saat pemasangan infus pada anak di instalasi gawat darurat RSUD Karanganyar
Metode. Jenis penelitian ini adalah deskriptif observasional yaitu penelitian yang dilakukan malalui pengamatan (observasi) baik secara langsung maupun tidak langsung untuk menggambarkan tentang suatu keadaan objek. Subjek penelitian yang digunakan adalah pasien anak yang sedang dilakukan tindakan pemasangan infus di IGD RSUD Karanganyar berjumlah 10 responden. Penelitian ini dilakukan pada 2 Maret-10 Maret 2020.
Hasil. Hasil penelitian ini menunjukkan data responden berdasarkan usia terbanyak yaitu usia ≤5 tahun sebanyak 5 responden (50%). Berdasarkan tingkat kecemasan paling banyak adalah kecemasan sedang 5 responden (50%), kecemasan ringan 2 responden (20%), kecemasan berat 2 responden (20%), dan panik sebanyak 1 responden (10%).
Kesimpulan. Berdasarkan hasil pengukuran tingkat kecemasan pemasangan infus pada anak di IGD RSUD Karanganyar rata-rata mengalami kecemasan kategori sedang.
Kata kunci : Pasien Anak, Pemasangan Infus, Kecemasan

Article Details

How to Cite
Icha Afiatantri , A. N., & Nur Solikah, S. (2021). GAMBARAN TINGKAT KECEMASAN PEMASANGAN INFUS PADA ANAK DI INSTALASI GAWAT DARURAT RSUD KARANGANYAR. Intan Husada : Jurnal Ilmiah Keperawatan, 9(2), 24-34. https://doi.org/10.52236/ih.v9i2.216
Section
Articles