RELIABILITAS SISTEM TRIASE DALAM PELAYANAN GAWAT DARURAT : A REVIEW

Main Article Content

Joko Tri Atmojo
Aris Widiyanto
Tri Yuniarti

Abstract

Pendahuluan.Triase dalam pelayanan gawat darurat adalah proses pengambilan keputusan yang diterapkan untuk mengidentifikasi pasien dan mengoptimalkan sumber daya. Sejak 1990 hingga tahun 2000 telah dirancang triase 5 skala diantaranya: Australian Triage Scale (ATS), Canadian Emergency Department Triage and Acuity Scale (CTAS), Manchester Triage Scale (MTS), dan Emergency Severity Index (ESI). Sehingga timbul pertanyaan tentang keandalan skala triase (reliabilitas). Pada review kali ini penulis akan fokus pada berbagai macam skala triase, penggunaannya di beberapa negara, dan reliabilitasnya. Penulis tidak akan menulis kembali pedoman/guideline dari triase yang telah secara resmi terpublikasikan.
Metode. Penelusuran ini dilakukan mulai dari Januari hingga Maret 2019 dengan melakukan penelusuran database: PubMed, EMBASE, dan CINAHL.  Kata kunci yang digunakan: ‘Triage in emergency 'ATAU' Canadian Triage and Acuity Scale’ ATAU ‘Emergency Severity Index’ ATAU ‘Manchester Triage Scale’ ATAU ‘Australasian Triage Scale’. Kriteria inklusi: uji acak terkendali (randomized controlled tria), studi retrospektif, observasional, studi kasus, review, systematc review, dan meta analisis. Hasil akhir review menemukan 12 artikel yang sesuai
Hasil. Uji statistik Kappa menunjukan reliabilitas ATS 0,428 (95% CI 0,340-0,509), reliabilitas CTAS 0,871 (95% CI (0,840-0,897), reliabilitas ESI 0.730 (95% CI : 0.692 hingga 0.767), reliabilitas MTS  0,751 (CI 95%: 0,677 hingga 0,810).
Kesimpulan. Berdasarkan hasil reliabilitas nilai ATS menunjukan realibilitas terkecil, realibilitas CTAS merupakan yang tertinggi, namun memiliki keterbatasan pada pelaksaan diluar Kanada. MTS merupakan skala yang reliabilitas dan juga penerapannya dianggap yang paling baik.
 
Kata Kuci: Reliabilitas, Canadian Triage and Acuity Scale (CTAAS), Emergency Severity Index (ESI), Manchester Triage Scale (MTS), Australasian Triage Scale (ATS).

Article Details

How to Cite
Atmojo, J. T., Widiyanto, A., & Yuniarti, T. (2019). RELIABILITAS SISTEM TRIASE DALAM PELAYANAN GAWAT DARURAT : A REVIEW. Intan Husada : Jurnal Ilmiah Keperawatan, 7(2), 23-31. https://doi.org/10.52236/ih.v7i2.148
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)