PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH

Main Article Content

Ratna Kusuma Astuti
Ganik Sakitri

Abstract

Sampah dan pengelolaannya kini menjadi masalah yang kian mendesak di kota maupun didesa, sebab apabila tidak dilakukan penanganan denganbaik akan mengakibatkan terjadinyaperubahan keseimbangan lingkungan yang merugikan atau tidak diharapkan sehingga dapatmencemari lingkungan, baik terhadap tanah, air dan udara. Oleh karena itu untuk mengatasimasalah pencemaran tersebut diperlukan penanganan dan pengendalian terhadap sampah.Penanganan dan pengendalian akan menjadi semakin kompleks dan rumit dengan semakinkompleksnya jenis maupun komposisi dari sampah sejalan dengan majunya kebudayaan .Tujuan kegiatan ini adalah warga masyarakat memiliki kesadaranakan masalah penanganansampah baik di lingkungan rumah tangga maupun sekitar. Oleh karena itu, perlu adanyapenjelasan tentang usaha penanganan atau pengolahan sampah sehingga ada perubahan polapikir, kesadaran dan sikap terhadap sampah, lingkungan dan warga sekitarnya.Khalayaksasaran pada kegiatan pendidikan kesehatan ini yaitu warga masyarakat di Dukuh Tugu, DesaTugu, Kecamatan Jumantono, Kabupaten Karanganyar.Metode yang digunakan dalamkegiatan ini adalah model pembelajaran diskusi menggunakan landasan teori konstruktivismedengan langkah-langkah sebagai berikut: menciptakan suasana pertemuan yang baik,mengajukan masalah, mengidentifikasi pilihan tindakan, memberi komentar dan menetapkantindak lanjut. Hasil dari kegiatan ini adalah 90% warga masyarakat sudah mampu menjawabpertanyaan tentang pengelolaan sampah, 90% warga masyarakat mampu mengulangipenjelasan tentang pengelolaan sampah yang sudah disampaikan, wargamasyarakatmenyatakan bersedia melaksanakan pengelolaan sampah bersama setiap hariminggu.Kata Kunci: pendidikan kesehatan, sampah, masyarakat

Article Details

How to Cite
Astuti, R. K., & Sakitri, G. (2019). PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH. Intan Husada : Jurnal Ilmiah Keperawatan, 6(2), 69-78. Retrieved from http://akperinsada.ac.id/e-jurnal/index.php/insada/article/view/125
Section
Articles